BAB V - Tugas Akhir (Pengaruh Pump Inlet Obstacle dan Pembuatan Simulator Piston Pump)

Posted by

TUGAS AKHIR/FINAL PROJECT
PENGARUH PUMP INLET OBSTACLE DAN PEMBUATAN SIMULATOR PISTON PUMP
THE EFFECT OF PUMP INLET OBSTACLE AND THE MAKING OF PISTON PUMP SIMULATOR

Home     Cover     Pembukaan     Bab_I     Bab_II     Bab_III     Bab_IV     Bab_V     Daftar_Pustaka     Gambar_Desain     Schematic     Foto_Simulator     Video_Simulator     Referensi     Special_Thanks


Silahkan download Full Bab V disini.

BAB V
PENUTUP


5.1 KESIMPULAN

Berdasarkan hasil yang dicapai dalam pembuatan simulator dan kajian dampak pump inlet retraction pada variable displacement axial piston pump dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1.Hydraulic system adalah sistem perubahan tenaga yaitu dari mekanis ke hidraulis yang sangat efektif yang terdiri dari komponen-komponen dasar seperti pompa, hydraulic oil, oil pump, control valve, relief valve, line, actuator cylinder dan oil tank.

2. Cara kerja variable displacement axial piston pump adalah sebagai berikut, piston bergerak lurus maju dan mundur di dalam barrel, paralel dengan shaft-nya. Ketika piston berada pada posisi sudut dari swash plate yang menjauhi barrel maka piston akan bergerak mundur, oil akan mengalir melalui intake menuju ke barrel. Pada saat pompa berputar, piston sedikit demi sedikit akan bergerak maju karena sudut yang dibentuk swash plate terhadap shaft, ini menyebabkan piston bergerak maju dan mendorong oli menuju ke sistem melalui exhaust. Pada variable displacement axial piston pump, swashplate akan berubah sudutnya terhadap shaft-nya. Perubahan sudut ini membuat displacement yang dibentuk oleh pergerakan maju dan mudur dari piston juga berubah-ubah sehingga pada akhirnya pump flow yang dhasilkan oleh pompa akan bervariasi meskipun shaft speed-nya konstan.

3. Variable displacement axial piston pump adalah salah satu jenis oil pump yang memiliki evisiensi volumetrik mencapai 98 % dan debitnya dapat di-adjust.

4. Komponen-komponen hydraulic sangat rentan sekali terhadap kerusakan yang diakibatkan kontaminan dan juga kerusakan komponen yang lainnya, seperti kerusakan pada oil filter dan juga pump inlet line.

5. Penyebab terjadinya pump inlet retraction adalah seperti terjadinya kerusakan pada oil filter, kerusakan pada pump inlet retraction dan juga kesalahan dalam pemasangan seperti pemasangan gasket.

6. Hambatan pada pump inlet line dapat menyebabkan pump inlet retraction yang dapat mengakibatkan kavitasi erosi pada valve plate dan juga kerusakan mekanik pada piston dan slipper piston.

7. Pembuatan simulator variable displacement axial piston pump diawali dengan perancangan desain komponen-komponen pompa tersebut, setelah itu pembuatan meja, baru kemudian pemasangan-pemasangan komponen-komponen pendukung yang lainnya dan diakhiri dengan pengetesan simulator.

8. Pembuatan simulator ini membutuhkan ketelitian, kerena simulator ini adalah simulator variable displacement axial piston pump yang tidak hanya dijadikan simulator saja tetapi simulator ini juga bisa dioperasikan untuk mengahasilkan aliran oli.


Blog NJW V2 Updated at: 07.52

2 komentar:

Facebook Fans Page

Copyright aderiska@samara 2014. Diberdayakan oleh Blogger.