Cara Menggunakan TFTPD32 - Cara Membuat DHCP Server Dengan TFTPD32

Posted by



Oke, sekarang LoveAndKnowledge akan membahas sedikit cara setting software TFTPD32. Software ini banyak fungsinya, seperti menyediakan layanan TFTP Server, TFTP Client, DHCP Server, Syslog Server, dan Log Viewer. TFTP client dan server pada aplikasi ini sangat kompatible dengan beberapa pilihan seperti tsize, blocksize dan timeout. Beberapa fitur yang lainnya adalah fasilitas directori, security tuning dan interface filtering.

Namun pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat DHCP Server dengan software TFTPD32. Mungkin ada beberapa teman yang belum mengerti apa itu DHCP Server. Begini, ada beberapa device yang tersetting mempunyai IP Dynamic, maksudnya device tersebut tidak memiliki IP sampai ada server IP yang memberikan IP tertentu kepada device tersebut. Nah, ini lah yang dimaksud dengan DHCP Server.

Oke, sekarang buka TFTPD32, dan pilih Tab DHCP Server, kemudian pilih Setting, dan isi seperti gambar di bawah ini.


Dan klik OK, selanjutnya hubungkan device teman2 yang belum mempunyai IP melalui kabel ethernet. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul MAC Address Device Teman2 dan IP nya juga. Dan selesai....

Gambar No. 1 bersumber: http://tftpd32.jounin.net/images/working_tftpd32.jpg

Untuk mendownload TFTPD32,
Silahkan klik disini.

Untuk mendownload MINEGEM Already Tools 2015,
silahkan klik disini.


Blog NJW V2 Updated at: 07.14

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Copyright aderiska@samara 2014. Diberdayakan oleh Blogger.