BAB IV - Tugas Akhir (Pengaruh Pump Inlet Obstacle dan Pembuatan Simulator Piston Pump)

Posted by

TUGAS AKHIR/FINAL PROJECT
PENGARUH PUMP INLET OBSTACLE DAN PEMBUATAN SIMULATOR PISTON PUMP
THE EFFECT OF PUMP INLET OBSTACLE AND THE MAKING OF PISTON PUMP SIMULATOR

Home     Cover     Pembukaan     Bab_I     Bab_II     Bab_III     Bab_IV     Bab_V     Daftar_Pustaka     Gambar_Desain     Schematic     Foto_Simulator     Video_Simulator     Referensi     Special_Thanks


Silahkan download Full Bab IV disini.

BAB IV
PENGARUH PUMP INLET RETRACTION PADA VARIABLE DISPLACEMENT AXIAL PISTON PUMP

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pompa adalah komponen hydraulic yang berfungsi menghasilkan aliran oli. Oli tersebut diambil dari tanki melalui pump inlet line dan kemudian dialirkan menuju sistem oleh pompa melalui pump outlet line. 

Ketika variable displacement axial piston pump melakukan kerjanya, yaitu menghasilkan aliran oli dari tanki ke sistem maka pompa tersebut akan memindahkan oli dari tanki ke sistem yang jumlahnya sama dengan nilai displacement dari pompa tersebut. Ini dikarenakan variable displacement axial piston pump termasuk ke dalam jenis positive displacement pump yang dimana efisiensi volumetrik dari piston pump itu sendiri mencapai 98 %.

Pada saat piston yang berada di dalam barrel bergerak menjauhi inlet port (langkah hisap), maka displacement yang dibentuk piston terhadap barrel harus terisi penuh oleh oli dari tanki. Jika displacement yang dibentuk piston terhadap barrel tersebut tidak dipenuhi oleh oli (kekurangan oli) maka ini akan menyebabkan terjadinya kevakuman yang berlebih  pada pump inlet yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan-kerusakan pada komponen-komponen variable displacement axial piston pump itu sendiri seperti kavitasi erosi (cavitation erosion) dan kerusakan mekanik (mechanical damage).

Pump inlet retraction adalah terjadinya hambatan pada saluran oli yang menuju pompa, sehingga aliran oli akan terhambat dan kebutuhan pompa tidak terpenuhi. Untuk itu maka peranan pump inlet line dalam menyediakan saluran masuk oli dari tanki menuju ke pompa sangatlah penting. Dimana pump inlet line harus mampu menyediakan saluran oli yang cukup untuk menjadi tempat mengalirnya oli yang dibutuhkan oleh pompa.


Blog NJW V2 Updated at: 07.51

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Sudah bisa Gan.
      Silahkan didownload.
      Makasih kunjungannya.

      Hapus
    2. Sudah bisa Gan.
      Silahkan didownload.
      Makasih kunjungannya.

      Hapus

Facebook Fans Page

Copyright aderiska@samara 2014. Diberdayakan oleh Blogger.