BAB I - Tugas Akhir (Pengaruh Pump Inlet Obstacle dan Pembuatan Simulator Piston Pump)

Posted by

TUGAS AKHIR/FINAL PROJECT
PENGARUH PUMP INLET OBSTACLE DAN PEMBUATAN SIMULATOR PISTON PUMP
THE EFFECT OF PUMP INLET OBSTACLE AND THE MAKING OF PISTON PUMP SIMULATOR

Home     Cover     Pembukaan     Bab_I     Bab_II     Bab_III     Bab_IV     Bab_V     Daftar_Pustaka     Gambar_Desain     Schematic     Foto_Simulator     Video_Simulator     Referensi     Special_Thanks


Silahkan download Full Bab I disini.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG

Dilihat dari fungsinya, teknologi alat berat sangatlah membantu dalam bidang pembangunan, misalnya dalam pembuatan jalan, pertambangan, membuka lahan baru dan sebagainya. Dalam pengoperasiannya, unit alat berat tidak terlepas dari hydraulic system, karena hydraulic system mempunyai peranan penting dalam operasi unit alat berat.

Di dalam hydraulic system itu sendiri memiliki berbagai macam komponen yang bekerja sama untuk menghasilkan kinerja unit alat berat yang maksimal. Seperti halnya manusia, untuk tetap hidup (melakukan aktifitas) maka darah di dalam tubuh manusia harus selalu mengalir keseluruh bagian tubuh. Darah tersebut dipompakan oleh jantung yang ada di dalam tubuh manusia. Begitu juga pada unit alat berat, komponen yang menjadi jantung dari unit alat berat tersebut adalah hydraulic pump. Hydraulic pump berfungsi untuk menghasilkan aliran oli dan pada akhirnya berfungsi untuk menggerakan semua aktuator di dalam hydraulic system.

Di dalam melakukan fungsinya, pompa dapat mengalami kerusakan diantaranya yang disebabkan oleh terhambatnya saluran masuk pada pompa yang kemudian dampaknya dapat merusak komponen dari pompa tersebut. Untuk dapat menyelesaikan masalah kerusakan-kerusakan pada hydraulic pump, seorang teknisi harus terlebih dahulu memahami bagaimana cara kerja dari hydraulic pump tersebut.
Karena dengan memahami cara kerja dari hydraulic pump, barulah seorang teknisi dapat lebih mudah dalam menyelesaikan kerusakan-kerusakan pada hydraulic pump. Sehingga nantinya seorang teknisi diharapkan mampu memecahkan masalah yang terjadi pada hydraulic pump. 
Kemudian untuk mendapatkan seorang calon teknisi (mahasiswa Alat Berat) yang mengetahui dan paham tentang bagaimana cara kerja dan apa saja penyebab kerusakan dan dampaknya khususnya terjadinya pump inlet retraction yang menyebabkan kerusakan pada pompa, maka dibutuhkannya media pembelajaran atau simulator dari hydraulic pump khususnya variable displacement axial piston pump untuk menjelaskan bagamana cara kerja dari hydraulic pump tersebut.
Sehingga dosen yang mengajarkan hydraulic pump tidak lagi kesulitan dalam melakukan demonstrasi tentang cara kerja hydraulic pump khususnya variable displacement axial piston pump dan pada akhirnya para mahasiswa dapat lebih mudah untuk mengerti dan memahami bagaimana cara kerja dan kerusakan yang terjadi pada hydraulic pump tersebut khususnya variable displacement axial piston pump.

Berdasarkan uraian di atas penulis merasa tertarik untuk membahas bagaimana cara kerja dan kajian kerusakan pada hydraulic pump pada unit alat berat khususnya variable displacement axial piston pump yang diakibatan oleh pump inlet retraction. Untuk itu penulis memberi judul tugas akhir ini dengan judul “PENGARUH PUMP INLET OBTACLE DAN PEMBUTAN SIMULATOR PISTON PUMP“.


Blog NJW V2 Updated at: 07.48

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Copyright aderiska@samara 2014. Diberdayakan oleh Blogger.