COMMAND Loader Informer Version 2.5

Posted by

Introduction
Command Loader Informer v2.5. CLI2016 .NET v2.5 can help you to monitor command loader which arrive at RTA, so you can focus on your job and let this software to detect your loader when arrive at RTA and info to you about ID Loader and Backlog data. CLI2016 is portable software. CLI2016 was build with console programming technique and always detect your command loader every time. With this software you can configure as you won’t like Minimize Mode On/Off, Mute Mode On/Off, 1x Information Mode On/Off and setting language Indonesia or English.
Overview
Perkembangan Minegem dan Minestar di area kerja PT Freeport Indonesia mengalami kemajuan yang signifikan. Di tahun 2016 ini di area PT Freeport Indonesia menjadi pertambangan yang memiliki populasi Minegem terbesar di dunia. Selain itu, di area PT Freeport Indonesia khususnya pertambangan bawah tanah DOZ, peranan unit Minegem sangat berpengaruh besar terhadap jumlah produksi perharinya. Di sini PA dari Command Loader tentunya menjadi perhatian. Untuk mencapai PA yang maksimal tentunya dibutuhkan penanganan yang tepat dan cepat. Mengingat RTA memiliki area yang luas, maka dibutuhkan sistem yang bisa memonitoring kedatangan Command loader di RTA, sehingga penanganan lebih cepat dapat dimaksimalkan. Kemudian jika dilihat dari populasinya yang banyak, dibutuhkan juga sistem yang mampu menampilkan backlog setiap unit sehingga penanganan yang tepat bisa dilakukan dengan harapan PA yang maksimal dapat diwujudkan.
CLI2016 .NET Term of Service
If you require any more information or have any question about my Terms of Service, please feel free to contact me by email at here. These terms and condition govern your use this software. By using this software, you accept these terms and condition in full and without reservation. If you disagree with these terms and condition or any part of these terms and condition, you must not use this software. Command Loader Informer 2016 is protected by DJHKI Indonesian Law. You can use this software but you can't redistribute and/or resell this software without approval from CLI2016 Developer. This software 100% Free from virus and/or malware. Damage caused by this software is not the responsibility of CLI2016 Developer.
 System Requirements - PC
 
-          Windows XP Home, Professional SP3 With Net Framework 4.0
-          Windows Vista With Net Framework 4.0
-          Windows 7 32bit and 64bit With Net Framework 4.0
-          Windows 8
-          RAM Min. 1GB CPU Min. 1.6 GHz
-          Setting Regional Date and Time is English (United State)
-          Portable Version (No Need Installation by Administrator User)
-          Connected to LAN RTA or FMI.Net
System Requirements – Command Loader
Untuk bisa berkomunikasi dengan LARN Minegem RTA ketika Loader dioperasikan secara manual, maka Command Loader harus dilakukan setting PLC2 pada Address F00100 pada kolom ke-4 dengan nilai 01. Setingan ini tidak berpengaruh terhadap kinerja Minegem system, karena setingan ini hanya berfungsi untuk meng-enable-kan ORU ketika loader posisi mode manual dan kunci kontak ON (seperti Fleet Loader).

Cara Kerja Dan Topologi Jaringan CLI2016 .NET

Command Loader Informer 2016 .NET adalah software yang dikoneksikan dengan database yang berada di server tertentu. Di sini CLI2016 .NET memiliki database yang disimpan di server PORTALUG (Server MINEGEM Trakindo Tembagapura Division) dimana server PortalUG ini masuk melalui jaringan FMI (Freeport Network) . Dengan begitu untuk menggunakan CLI2016 .NET harus terkoneksi dengan jaringan FMI.
Pada topologi jaringan di atas dapat dilihat ketika Command Loader 71-637 datang dari Panel ataupun shop X/C-14 dan masuk kearea RTA, maka LARN Minegem RTA akan berkomunikasi dengan ORU loader tersebut dan ini akan direspon oleh CLI Server, dan CLI Server akan memberikan sinyal kepada CLI Client, dan CLI akan memberikan informasi kepada semua pihak yang menggunakan CLI Client seperti Dispatcher dan Technician bahwa Command Loader 71-637 telah datang di RTA.
Selain memberikan informasi secara audio visual, CLI juga menginformasikan ada atau tidaknya suatu backlog dari loader tersebut.  Backlog ini diambil dari database PortalUG yang diinput oleh teman-teman analis baik di OB4 atau RTA. Pada saat informasi CLI ini tampil di monitor, kita bisa melakukan update status dari backlog tersebut, bisa  In progress, Outstanding dan Complete. Selain melakukan update status backlog, kita juga bisa melakukan edit job description dari backlog tersebut.

Database CLI2016 .NET
Database pada CLI2016 .NET murni menggunakan database dari PORTALUG 157.47.115.130. PortalUG ini menggunakan MySql sebagai databasenya. Jadi untuk menggunakan CLI2016 Client.NET, kita harus terkoneksi dengan jaringan FMI.
Memulai Menggunakan CLI2016 Client.NET
Aktualnya semua user Administrator dari PC Komputer yang berada di area PTFI diproteksi oleh pihak MIS atau pihak IT, namun kita tidak perlu ragu untuk menggunakan CLI2016 Client.NET, cukup dengan membuka aplikasi ini secara portable dan aplikasi ini siap digunakan tanpa melalui proses instalasi ataupun izin dari Administrator PC Komputer



Buka CLI2016 Client.NET dan akan muncul splash screen untuk mempersiapkan module aplikasi dan juga melakukan tes koneksi ke CLI2016 Server.NET dan PORTALUG Database sebelum aplikasi benar-benar terbuka.
Jika pada proses ini terjadi kegagalan, pastikan komputer anda sudah terkoneksi dengan jaringan FMI atau silahkan hubungi CLI2016 Developer.
Setelah splash screen berhasil melakukan tes koneksi, maka akan muncul form login untuk memulai menggunakan CLI216 Client.NET.
Untuk login, silahkan gunakan user dan password anda di web PORTALUG http://157.47.115.130/portalug/
Untuk mendaftar silahkan kunjungi web diatas.

Setelah melakukan login, anda akan dihadapkan dengan main form dari CLI2016 Client.NET.

Penjesalan Komponen Main Windows CLI2016 Client.NET
Setelah melakukan login, anda akan dihadapkan dengan main form dari CLI2016 Client.NET.
  1. Tombol Minimize Mode (On/Off). Ini adalah tombol untuk mengatur mode minimize. Ketika status Minimize Mode On, ini berarti ketika ada command loader datang di RTA maka dilayar komputer anda tidak akan muncul jendela informasi CLI namun suara informasi tetap berjalan dan berulang-ulang. Ketika tombol bertuliska “Minimize Mode On” maka pengaturan saat ini yang terjadi adalah Minimize Mode Off.
  2. Tombol Mute Mode (On/Off). Ini adalah tombol untuk mengatur mode Mute. Ketika status Mute Mode On, ini berarti ketika ada command loader datang di RTA maka dilayar komputer anda akan muncul jendela informasi CLI namun tanpa suara informasi CLI. Ketika tombol bertuliska “Mute Mode On” maka pengaturan saat ini yang terjadi adalah Mute Mode Off.
  3. Tombol Bahasa (Indonesia/English). Ini adalah tombol untuk mengatur mode bahasa/language. Ketika status Language Indonesia, ini berarti ketika ada command loader datang di RTA maka dilayar komputer anda akan muncul jendela informasi CLI dan suara informasi berbahasa Indonesia dan berulang-ulang dan sebaliknya ketika status Language English, ini berarti ketika ada command loader datang di RTA maka dilayar komputer anda akan muncul jendela informasi CLI dan suara informasi berbahasa Inggris dan berulang-ulang. Ketika tombol bertuliska “Indonesia Mode” maka penaturan saat ini yang terjadi adalah Language English.
  4. Tombol 1x Information Mode (On/Off). Ini adalah tombol untuk mengatur mode 1x informasi suara. Ketika status 1x Information Mode On, ini berarti ketika ada command loader datang di RTA maka dilayar komputer anda akan muncul jendela informasi CLI dan suara informasi CLI dan tidak berulang-ulang, namun hanya 1x saja. Ketika tombol bertuliska “1x Information Mode On” maka pengaturan saat ini yang terjadi adalah 1x Information Mode Off. 
Penjelasan Komponen CLI Information Window CLI2016 Clinet.NET Ketika Ada Backlog 
Ketika Command loader datang di RTA maka jendelan informasi CLI akan muncul dimonitor anda seperti gambar dibawah ini.
  1. Tab untuk melakukan update backlog. Tab ini berisi informasi nomer dan backlog dari command loader yang datang di RTA.
  2. Tab untuk melihat Loader yang aktif. Tab ini berfungsi untuk melakukan update dari suatu backlog.
  3. Priority dari backlog. Berisi tentang priority dari backlog.
  4. Job description untuk sebuah backlog. Berisi tentang deskripsi dari job backlog.
  5. Tombol Mute suara. Untuk menghilangkan suara informasi.
  6. Tombol untuk Minimize. Untuk meminimize dari CLI Information window.
Untuk melakukan update backlog baik itu merubah/edit job description atau job status, silahkan klik pada Tab “Update Backlog”.
 
Cara Melakukan Update Backlog
Cara Merubah Atau Edit Job Description
Cara Melakukan Update Job Status
Untuk melakukan update backlog baik itu merubah/edit job description atau job status, silahkan klik pada Tab “Update Backlog”.

Untuk melakukan update backlog, silahkan klik pada table yang berisi list backlog dari sebuah command loader, maka akan secara otomatis texbox pada Job Description akan terisi oleh job desc yang anda pilih, begitu juga dengan job status pada dropdown list.


Kemudian edit atau update jobdesc pada texbox jobdesc sesuai actual dan pilihlah jobstatusnya, “Inprogress”, “Outsatnding” atau “Completed”.

Kemudian klik “Update”
Selesai

Catatan: Update backlog ini idealnya dilakukan oleh technician yang melakukan pekerjaan tersebut. Karena CLI Information ini hanya akan muncul ketika Command Loader terkoneksi oleh LARN RTA. Jadi sebelum loader tersebut dimatikan, maka technician harus melakukan update dari backlog tersebut sebelum loader dimatikan. Dengan cara ini, status dari loader tersebut benar-benar OK baik secara akual ataupun administrasi ketika loader dimatikan.

Penjelasan Download Data Log RTA


Penjelasan Komponen CLI Information Window CLI2016 Clinet.NET Ketika Tidak Ada Backlog
Ketika Command Loader datang ke RTA dan di dalam database PORTALUG tidak terdapat backlog untuk loader tersebut, maka akan tetap akan muncul CLI Information window.

Catatan: Untuk memasukan backlog pada subuah Command Loader, silahkan hubungi dispatch Minegem atau bisa dilakukan sendiri yaitu input di PORTALUG.

COMMAND Loader Informer 2016 Server .NET v2.5





COMMAND Loader Informer .NET v2.5 2016
CLI 2016 Server .NET and Client .NET v2.5

Ade Dwi Purnomo
+62901448231
Automation Technician
PT Trakindo Utama Temabagapura Division




Blog NJW V2 Updated at: 15.14

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Copyright aderiska@samara 2014. Diberdayakan oleh Blogger.